Kamis, 15 September 2016

Operasi Aritmatika dan Logika

Operasi Aritmatika dan Logika
By m nasrul choirudin

A.    Pemanfaatan Fungsi Aritmatika
fungsi aritmatika juga dapat kita manfaatkan untuk mnyelesaikan permasalahan sehari-hari.di bawah ini merupakan contoh masalah yang dapat kita selesaikan dengan memanfaatkan fungsi aritmatika pada FreePasca :
Permasalahan di atas meminta kita untuk menentukan panjang AC. Untuk mencari panjang AC dapat memanfaatkan teorema Phytagoras yang telah dipelajari di bangku sekolah dasar.Setelah itu, kita harus menyusun sourcecode yang sesuai dengan masalah 1.
(Pambudi & Maryono, 2014)

B.     Operasi Logika
Suatu fungsi logika atau operasi logika yang dimaksud dalam aljabar Boolean adalah suatu kombinasi variable biner seperti misalnya pada masukan dan keluaran dari suatu rangkaian digital yang dapat ditunjukkan bahwa di dalam aljabar Boolean semua hubungan logika antara variable variable biner dapat dijelaskan oleh tiga operasi logika dasar yaitu :
– Operasi NOT (negation)
– Operasi AND (conjuction)
– Operasi OR (disconjuction) (Emka, 2010)
            Fungsi NOT, AND, dan OR digunakan untuk menyatakan suatu kondisi sesuai dengan kondisi yang diberikan. Pernyataan yang dimasukkan akan memberikan dua kemungkinan, yaitu TRUE atau FALSE.
1.      FUNGSI NOT
Fungsi NOT digunakan untuk membalikkan suatu nilai pernyataan. Pernyataan yang diperlukan adalah pernyataan yang memiliki nilai TRUE atau FALSE.
2.       FUNGSI AND
Fungsi AND digunakan untuk menguji beberapa nilai atau kondisi sekaligus, sehingga memerlukan sedikitnya dua buah pernyataan (boleh lebih) berupa logika untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
3.      FUNGSI OR
Fungsi OR digunakan untuk menguji beberapa nilai atau kondisi dan mengembalikan nilai TRUE atau FALSE. Ia juga memerlukan sedikitnya dua buah pernyataan (boleh lebih) berupa logika. (Rizky, 2012)


Daftar Pustaka


Emka, I. (2010, Juni 17). Operasi logika dasar AND, OR dan NOT. Retrieved from Blog Emka: http://emka.web.id/special/electro/2010/operasi-logika-dasar-and-or-dan-not/
Pambudi, D., & Maryono, D. (2014). Pemanfaatan Fungsi Aritmatika. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Rizky, R. (2012, Juni 26). Penggunaan Fungsi Logika (NOT, AND, OR, IF, IF Bercabang) pada Ms. Excel. Retrieved from my world: http://rheaarchuleta.blogspot.co.id/2012/06/penggunaan-fungsi-logika-not-and-or-if.html


Biodata
Nama               : M Nasrul Choirudin
Sekolah           : SMK ISLAM 1 BLITAR
Kelas               : XIK2

Motto              : berusaha menjadi yang terbaik

berminat tentang materi bisa download di sini

0 komentar:

Posting Komentar