Kamis, 01 September 2016

pengertian jenis-jenis dan simbol flowcart

Kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada Flowchart atau Struktogram
By : m nasrul choirudin

Pengertian : Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program. (Arifianto, 2014)
manfaat yang akan diperoleh apabila kita sering menggunakan flowchart dalam mengembangkan prosedur pemecahan masalah komputasi. Pertama, kita akan terbiasa berpikir secara sistematis dan terstruktur dalam setiap kesempatan. Kedua, dengan menggunakan flowchart, kita akan lebih mudah mengecek dan menemukan bagian-bagian prosedur yang tidak valid dan bertele-tele. (PuspandaHatta & Agus Tri Haryanto, 2014)

Symbol – symbol flowcart :
(Wahyu, 2014)

Jenis – jenis flowcart :

1.                  Flowchart Sistem (System FLowchart)
Merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan didalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yanhg ada di dalam sistem.
2.                              Flowchart Paperwork / FLowchart Dokumen (Document Flochart)
Flowchart Paperwork menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem. Flowchart Paperwork juga sering disebbut Flowchart Dokumen.
3.                              Flowchart Skematik (Schematic FLowchart)
Flowchart Skematik merupakan bagan yang mirip dengan Flowchart Sistem yang menggambarkan suatu sistem atau prosedur. Perbedaannya bukan hanya menggunakan simbol-simbol flochart standar, tetapi juga menggunakan gambar-gamabar komputer, peripheral, from-from atau peralatan lain yang digunakan dalam sistem.
4.                              Flowchart Program  (Program Flochart)  
Flowchart Program merupakan bagan yang menjelaskan keterangan lebih rinci tentang langkah langkah dari proses program.  Flowchart Program juga dihasilkan dari Flowchart Sistem.
5.                              Flowchart Proses (Proses Flowchart)
Flowchart Proses merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri.  Flowchart juga digunakan untuk memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedutr atau sistem. (Putri, 2011)




Daftar  Pustaka


Arifianto, R. (2014, november 20). Pengertian Flowchart Dan Jenis – Jenisnya. Retrieved september 2, 2016, from Rahmat Arifianto JRS: https://rahmatarifianto.wordpress.com/2014/11/20/pengertian-flowchart-dan-jenis-jenisnya/
PuspandaHatta, M., & Agus Tri Haryanto, M. (2014). Flowchart dan Symbol-simbolnya. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Putri, K. S. (2011, November 9). Jenis-Jenis Flowchart. Retrieved September 2, 2016, from Meraih Mimpi: https://1nuy4s4.wordpress.com/2011/11/09/jenis-jenis-flowchart/
Wahyu, R. (2014, Desember 27). Definisi dan Simbol-Simbol Flowchart. Retrieved September 2, 2016, from Ressa Wahyu Blog's: http://ressawahyu.blogspot.co.id/2014/12/definisi-dan-simbol-simbol-flowchart.html


Biodata
Nama               : M Nasrul Choirudin
Sekolah           : SMK ISLAM 1 BLITAR

Motto              : Berusaha Menjadi Yang Terbaik

anda bisa download di sini

0 komentar:

Posting Komentar