Kamis, 11 Agustus 2016

Perangkat eksternal / peripheral

Perangkat eksternal / peripheral
By : M Nasrul Choirudin

1.      Peripheral
Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing. (Kahfi, 2015)
2.      Peripheral output
Alat Keluaran (Output Device) adalah perangkat keras komputer yangberfungsi untuk menampilkan / mencetak keluaran sebagai hasil pengolahan  data.Alat keluaran terdiri atas hard copy, softcopy. Alat keluaran yang termasuksoftcopy menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupasuara, sedangkan alat keluaran yang berupa hardcopy memberikan keluaran berupabahan cetakan, entah berupa kertas, plastik transparan, microfilm, atau microfiche. (Hatta & Haryanto, 2014)
 Contoh dan fungsi:
Alat ini memiliki fungsi mencetak hasil kerja dalam media kertas. Mulai dari teks sampai gambar, mulai dari hitam putih hingga yang berwarna.
 
Alat ini memiliki fungsi menampilkan data berupa grafis tampilan yang sedang di operasikan. Dan pada contoh gambar merupakan Monitro jenis LCD.
 
Alat ini berfungsi mengeluarkan data berupa suara. (Deni, 2014)




3.      Peripheral input
Periferal masukan atau input device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi ke dalam CPU (central processing unit) komputer sebagai perangkat pemrosesan komputer. (Saja, 2011)

Contoh dan fungsi 
Fungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
 
Fungsi: untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau  mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.
 
Fungsi: untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer yang hasilnya akan ditampilkan di komputer. (IT, 2014)




Daftar Pustaka

Deni, R. (2014, mei). Tentang, Contoh, Fungsi dan Jenis-jenis dari Peripheral Device. Retrieved agustus 12, 2016, from Riky's Blog: http://rikydeni.blogspot.co.id/2014/05/tentang-contoh-fungsi-dan-jenis-jenis.html#.V6xVICJaRIU
Hatta, P., & Haryanto, A. T. (2014). Kegiatan Belajar 2- Peripheral Output (Monitor, LCD, Printer, Plotter). surakarto: Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta .
IT, S. (2014, oktober 1). Macam- macam Peripheral Komputer. Retrieved agustus 12, 2016, from Seputar IT: http://pengertianseputarit.blogspot.co.id/2014/10/macam-macam-peripheral-komputer.html
Kahfi, S. (2015, mei 17). Pengertian Peripheral Device dan Macam macam Fungsi Peripheral Device. Retrieved agustus 12, 2016, from IT Solutions: http://kahfibreak.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-peripheral-device-dan-macam.html
Saja, R. (2011, juni 11). Fungsi dan Contoh Periferal Masukan (Input Device). Retrieved agustus 12, 2016, from rohmatsaja3.blogspot.com: http://omrohmat.blogspot.co.id/2014/06/fungsi-dan-contoh-periferal-masukan.html

Biodata
Nama               : m nasrul choirudin
Sekolah           : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto              : berusaha menjadi yang lebih baik

bisa download di link ini

0 komentar:

Posting Komentar