Kamis, 18 Agustus 2016

struktur dan interkoneksi bus artikel ke dua

Struktur dan Interkoneksi bus
By : m nasrul choirudin

Penjelasan :
hubungan antara CPU dengan main memory ataupun dengan alat-alat input/output dilakukan dengan suatu jalur yang disebut dengan bus. Hubungan antara CPU dengan main memory melalui jalur bus yang dilekatkan pada memory data register, memory address register dan control unit di CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung ke alat-alat input/output tersebut, tapi dapat melalui suatu alat I/O port atau DMA controller atau I/O channel. (Hatta & Haryanto, 2013)
Secara fisik bus adalah konduktor  listrik  yang dihubngkan secara paralel yang berfungsi menghubungkan modul–modul. Konduktor ini biasanya adalah saluran utama pada PCB motherboard dengan layout tertentu sehingga didapat fleksibilitas penggunaan. Untuk modul I/O biasanya dibuat slot bus yang mudah dipasang dan dilepas, seperti slot PCI dan ISA. Sedangkan untuk chips akan terhubung melalui pinnya. (Dohan, 2014)
1.      Struktur interkoneksi adalah kumpulan lintasan yang menghubungkan berbagai komponen-komponen seperti CPU, Memory dan i/O, yang saling berkomunikasi satu dengan lainnya.
·      CPU membaca instruksi dan data, menulis data setelah diolah, dan menggunakan signal-signal kontrol untuk mengontrol operasi sistem secara keseluruhan. CPU juga menerima signal-signal interupt.
·    Memory umumnya modul memory terdiri dari n word yang memiliki panjang yang sama. Masing-masing word diberi alamat numerik yang unik(0,1…,N-1). Sebuah word data dapat dibaca dari memory atau ditulis ke memori. Sifat operasinya ditandai oleh signal-signal control read dan write.
·     I/O berfungsi sama dengan memory.Terdapat dua buah operasi, baca dan tulis. Selain itu, modul-modul i/O dapat mengontrol lebih dari 1 perangkat eksternal. Kita dapat mengaitkan interface ke perangkat eksternal sebagai sebuah port dan memberikan alamat yang unik (misalnya,0,1,…,M-1) ke masing-masing port tersebut.
 (Nadesha, 2013)

Daftar Pustaka


Dohan, M. (2014, oktober). Struktur dan Interkoneksi Bus. Retrieved agustus 19, 2016, from Gudang Informasi: http://banjirochiko.blogspot.co.id/2014/10/struktur-dan-interkoneksi-bus.html
Hatta, P., & Haryanto, A. T. (2013). Skema Interkoneksi Bus . jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Nadesha. (2013, mei). Struktur Interkoneksi. Retrieved agustus 19, 2016, from Nadeshda==a New Hope: http://nhunhea.blogspot.co.id/2013/05/struktur-interkoneksi.html

Biodata
Nama               : m nasrul choir
Sekolah           :SMK ISLAM 1 BLITAR

Motto              :berusaha menjadi yang terbaik
berminat bisa download di sini

1 komentar:

  1. POKERBET88 merupakan salah satu situs permainan kartu Online terbaik, aman dan terpercaya dengan persentase kemenangan yang tinggi saat ini di Indonesia. Situs ini juga menyediakan berbagai macam permainan kartu Online uang asli yang populer dengan sistem dan server stabil yang mudah di akses kapanpun dan dimanapun.

    BalasHapus