Kamis, 11 Agustus 2016

System input proses output

System input proses output versi kaleh
By m nasrul choir

1.       Perangkat Pemroses

Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain.

Media proses komputer

Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat).
Terdapat 3 Media proses computer yaitu : CU , ALU , MU (purnama, 2015)
2.       Modul I/O Terprogram PPI

·         PPI 8255 merupakan salah satu modul I/O yang dirancang untuk keperluan I/O mikroprosessor 8086
·         Terdapat tiga buah teknik dalam operasi I/O, yaitu: I/O terprogram, interrupt – driven I/O, dan DMA (Direct Memory Access).
·         Perangkat eksternal atau lebih umum disebut peripheral tersambung dalam system CPU melalui perangat pengendalinya, yaitu modul I/O. Perangkat eksternal diklasifikasikan Human Readable, Machine readable, Communication (Nuraini, 2014)

3.       System fungsi dan struktur keluaran

Sistem keluaran adalah peralatan hardware yang berfungsi untuk menampilkan data dari hasil masukan ke dalam komputer yang sudah diproses.
Contoh : monitor, speaker, printer. (indra, 2012)

 
Dalam format ini operasi interrupt driven I/O hanya melakukan transfer data dengan jumlah yang kecil, bila terjadi pemindahan data yang besar akan terjadi overhead. Solusi masalah dapat dipecahkan melalui penggunaan DMA (Direct Memory Access). Sesudah setting up buffer-buffer, pointer dan penghitung I/O device, device controller mentransfer sejumlah blok data secara langsung ke/dari buffer penyimpannya ke memori tanpa campur tangan CPU. Hanya satu interrupt dibangkitkan per blok, untuk memberitahukan device driver bahwa operasinya selesai, daripada satu interrupt per byte dibangkitkan pada peralatan dengan kecepatan rendah. Sementara controller melakukan operasinya, CPU dapat mengerjakan proses yang lain. (hilmannurfauzi, 2015)

Daftar pustaka

hilmannurfauzi. (2015, oktober). Struktur Masukan Dan Keluaran (Input dan Output). Retrieved agustus 11, 2016, from IT'S ART OF MULTIMEDIA: http://hilmannurfauzi.blogspot.com/2015/10/struktur-masukan-dan-keluaran-input-dan.html
indra, d. (2012, desember 2). Sistem Masukan dan Sistem Keluaran. Retrieved agustus 11, 2016, from SISTEM INFORMASI: http://ssisteminformasi.blogspot.co.id/2012/12/sistem-masukan-dan-sistem-keluaran.html
Nuraini, N. (2014, september 2). Modul I/O Terprogram PPI. Retrieved agustus 5, 2016, from Nafrida Nuraini: http://nafrida03.blogspot.co.id/2014/09/modul-io-terprogram-ppi.html
purnama. (2015, juni 4). Perangkat Proses Pada Komputer. Retrieved agustus 5, 2016, from MATERI TKJ DAN BELAJAR KOMPUTER: http://www.materitkj.com/2015/06/perangkat-proses-pada-komputer.html

Biodata :
Nama :m nasrul choirudin
Kelas :XI K II
Sekolah :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto :selalu memperbaiki diri setiap detik dan selalu

Bisa download file di sini oke

0 komentar:

Posting Komentar