Kamis, 18 Agustus 2016

struktur dan interkoneksi bus

Struktur dan interkoneksi bus
By m nasrul choirudin

Pengertian :
Dalam Jogiyanto (Jogiyanto, 2005, hal. 169) bus atau disebut juga pathway merupakan sirkuit yang merupakan jalur transportasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer.bus yang menghubungkan CPU dengan main memory disebut dengan internal bus. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU alat-alat input/output disebut dengan external bus. (Hatta & Haryanto, 2013)
1.      Jenis dan fungsi masing-masing bus
·         Dedicated : bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, alamat saja atau berupa pengontrolan saja
·         Multiplexed : bus yang digunakan untuk berbagai keperluan, sehingga bus yang digunakan lebih sedikit. (Ngene, 2015)
2.      System bus (address , data , control bus)
·         Struktur bus
Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan saluran kontrol. Selain itu, terdapat pula saluran distribusi daya yang memberikan kebutuhan daya bagi modul yang terhubung.
(Myogaperdana, 2013)
·         Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Lebar bus alamat akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem. Selain itu, umumnya saluran alamat juga dipakai untuk mengalamati port-port input/outoput. Biasanya, bit-bit berorde lebih tinggi dipakai untuk memilih lokasi memori atau port I/O pada modul.
·         Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diakitakan denang lebar bus data. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat. Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.
·         Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. (Suryana, 2014)


Daftar Pustaka


Hatta, P., & Haryanto, A. T. (2013). Struktur dan Interkoneksi Bus. jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Myogaperdana. (2013, maret). Pengertian dan Karakteristik Sistem Bus. Retrieved agustus 19, 2016, from Emass: http://myogaperdana.blogspot.co.id/2013/03/sistem-bus.html
Ngene, A. (2015, desember 13). Struktur dan Interkoneksi Bus. Retrieved agustus 19, 2016, from Aku Ngene: http://akungene.blogspot.co.id/2015/12/struktur-dan-interkoneksi-bus.html
Suryana, A. (2014, agustus 26). Struktur dan Interkoneksi Bus. Retrieved agustus 19, 2016, from AsepSuryana157: https://asepsuryana157.wordpress.com/2014/08/26/struktur-dan-interkoneksi-bus/

Biodata
Nama               :m nasrul choir
Sekolah           :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto              :berusaha menjadi yang terbaik

berminat bisa download di sini

0 komentar:

Posting Komentar